LIA Bandar Lampung (Observation Result)

A. SEJARAH DAN LOKASI LIA

 

Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP) LIA Bandar Lampung berlokasi di Jl. Kartini No.40 Kelurahan Palapa Bandar Lampung. Lembaga ini merupakan hasil kerjasama antara Yayasan LIA Jakarta dengan Yayasan Pendidikan Hameem. LBPP LIA Bandar Lampung berdiri tepatnya sesuai dengan tanggal perjanjian yaitu tanggal 2 Juli 1990.

Proses awal kegiatan LBPP LIA Bandar Lampung adalah penerimaan tenaga pengajar dan karyawan administrasi pada bulan Agustus hingga November 1990. Pelatihan khusus Guru yakni Trends and Techniques in The Teaching of English as Foreign Language (T3E) dimulai pada bulan Oktober 1990 s/d bulan Desember 1990, sedangkan pelatihan untuk karyawan non-guru mulai akhir Oktober 1990 s/d awal Nopember 1990. Proses berikutnya adalah penerimaan dan pendaftaran siswa dilanjutkan dengan tes penempatan (Placement Test).  Kelas mulai berjalan pada 2 Januari 1991 dengan jumlah peserta kursus 475 orang dengan tenaga pengajar 6 orang. Pada saat berdiri jumlah ruang kelas sebanyak 6 ruang.

Saat ini Term 2/2011 (masa belajar April – Juni 2011) jumlah peserta kursus sebanyak 2201 orang dengan jumlah tenaga guru 39 orang dan 3 orang supervisor. Mayoritas peserta kursus merupakan pelajar tingkat SMU dan SLTP, selebihnya adalah mahasiswa, pelajar SD, karyawan pemerintahan dan swasta, ibu rumah tangga dan sebagainya.

Lokasi Kursus ada 2 tempat yakni di Jalan Kartini No. 40 Bandar Lampung dan jalan Z.A. Pagaralam No.53 Bandar Lampung. Lokasi Di jalan Kartini terdiri dari  3 gedung; gedung utama (Gedung A), Gedung B, dan Gedung C berdiri diatas tanah seluas 6000 m². Gedung dan tanah milik Yayasan pendidikan Hameem. Dari ketiga gedung tersebut terbagi menjadi 27 ruang kelas, 1 perpustakaan, 2 ruang mushola, ruang pimpinan, ruang guru, ruang supervisor dan ruang administrasi. Fasilitas yang ada didekat gedung adalah kafe dan warnet.

Dari awal berdirinya, Lembaga Indonesia Amerika (LBPP-LIA) mendapatkan legalitasnya sebagai berikut:

1 NAMA LEMBAGA KURSUS  LBPP LIA BANDAR LAMPUNG
2 STATUS IZIN DINAS P & P Kota  BANDAR LAMPUNG    TAHAP  ”A”

NOMOR : 420.9/2968-08/2008

3 ALAMAT KURSUS JL.KARTINI NO. 40

BANDAR LAMPUNG

TELP. 0721 – 263148, 263149 FAX. 0721 – 263144

4 PEMILIK Dr. ALWIYAH BAWAZIER
4 NAMA PEMIMPIN ANTAR KAMAL, ST
5 TAHUN BERDIRI 1990
6 STATUS HUKUM LEMBAGA YAYASAN
7 JENIS KEGIATAN BAHASA INGGERIS
8 JUMLAH  PENDIDIK 43 ORANG
9. JUMLAH TENAGA

KEPENDIDIKAN

33 ORANG

B. STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi LBPP-LIA Bandar Lampung menggunakan struktur organisasi garis, hal ini sangat penting untuk menjalankan kegiatannya yang dapat dijadikan pedoman untuk menentukan tugas, tanggung jawab dan kewajiban unsur yang ada dalam perusahaan sesuai dengan keputusan manajemen perusahaan.

C. VISI DAN MISI

 

1. Visi Lembaga :

Menjadikan pusat pembelajaran yang terbaik dan tersebar di seluruh Indonesia melalui berbagai program pendidikan dan sarana penunjangnya terutama pendidikan bahasa

2. Misi Lembaga

Adapun misi LBPP LIA Bandar Lampung adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan intelektual, emosional dan spiritual.
  2. Menciptakan suatu struktur organisasi dinamis yang mendukung dan mempercepat kemungkinan partisipasi pengguna jasa dan mitra usaha dalam tatanan manajemen yang sehat dan profesional.
  3. Meningkatkan kinerja karyawan dan sekaligus kinerja unit kegiatan.
  4. Mengadakan pengembangan organisasi dan sekaligus merancang sistem kerja secara efektif dan efisien
  5. Memperlancar Penyelesaian masalah penting dan mendesak yang berkaitan dengan adanya pengembangan usaha.
  6. Menciptakan rasa ketenangan bekerja melalui sistem imbal jasa yang memadai.

D. KURIKULUM, ENGLISH COURSE PROGRAM, DAN BIAYA

 

            Kurikulum pengajaran kursus Bahasa Inggris di LBPP LIA Bandar Lampung dirancang sesuai dengan kebutuhan pasar.  Kurikulum akan selalu berubah sejalan dengan meningkatnya kebutuhan penggunaan Bahasa Inggris.  Sebagai institusi yang memberikan sertifikasi kepada siswanya, maka LBPP LIA dalam melaksanakan proses pembelajaran harus memiliki target  sasaran minimal bagi setiap siswa pada masing-masing level.  Target itu tertuang dalam kurikulum yang ada.

Saat ini bagian Kurikulum dan Materi dari LBPP LIA Pusat terus melakukan revisi-revisi kurikulum.  Salah satunya adalah perubahan pada program First Step to Comunication (FSC) menjadi English for Teens (ET).

Program yang ada dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu Program General English (GE) dan Program English for Specific Purposes (ESP) yang masing-masing memiliki program tersendiri.

1. Program General English (GE)

  1. English for Children (EC)

Program ini dirancang khusus untuk anak-anak kelas 3 SD sampai dengan 6 SD.  Program ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengenalan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.  Program ini terdiri dari EC3A sampai dengan EC6B, untuk masing-masing level masa belajar 6 bulan (semester) untuk setiap tingkatnya.

Program ini dirancang menggunakan buku New Parade produks Longman Publisher, yang merupakan buku standar pengajaran anak-anak untuk negara-negara ”non-native”.

  1. English for Teens (ET)

Program ini dirancang khusus untuk siswa SMP atau sederajat yang ingin meningkatkan kemampuan dan percaya diri dalam berkomunikasi di tingkat awal,  terdiri dari 12 tingkat yaitu ET-1 sampai dengan ET-12.

Tingkatan ini terbagi menjadi 3 tingkatan, yakni Elementary (ET-1 sampai ET-4), Pre Intermediate (ET 5 – ET 8), dan Intermediate (ET 9 – ET 12). Lama pertingkat adalah 3 bulan sehingga untuk setiap jenjang ditempuh selama satu tahun. Dalam hal ini pembiayaannya dibagi sebagai berikut:

a. Elementary : Rp. 600.000,- (Per 3 Bulan)

b. Pre Intermediate : Rp. 650.000,- (Per 3 Bulan)

c. Intermediate : Rp. 750.000,- (Per 3 Bulan)

  1. English for Adult (EA)

Program ini untuk peserta yang telah berusia minimal 16 tahun, atau telah lulus SMP/sederajat.  Program ini dapat diikuti umum seperti SMA, Mahasiswa, Pegawai Negri, Pegawai Swasta, Ibu rumah tangga dan lain-lain.  Program ini dikhususkan untuk meningkatkan  4 kemampuam dasar berbahasa yaitu, reading, listening, speaking, dan writing.  Program ini terdiri dari 3 jenjang yaitu Elementary, Intermediate, dan High Intermediate.  Masing-masing jenjang terdiri dari 4 level. Dan per level ditempuh selama tiga bulan. Adapun biaya yang dikenakan adalah:

  1. Elementary: Rp. 600.000,- (Per 3 Bulan)
  2. Intermediate: Rp. 650,000,- (Per 3 Bulan)
  3. High Intermediate: Rp. 750.000,- (Per 3 Bulan)

Program ini menggunakan 3 jenis buku yaitu Encounter untuk jenjang Elementary, Explore untuk jenjang Intermediate, dan Enrich untuk jenjang High Intermediate.  Masing-masing buku terdiri dari 2 jenis yaitu buku text siswa dan buku latihan disertai kaset/vcd.  Semua buku dan kaset/vcd adalah produksi Bagian Kurikulum dan Materi LBPP LIA Pusat.

2. Program English for Specific Purposes (ESP)

  1. Conversation in English (CV) Program

Program ini khusus untuk meningkatkan keterampilan dalam percakapan berbahasa Iggris untuk umum.  Dalam pembelajarannya para siswa dibekali dengan kiat-kiat dan teknik yang diperlukan untuk ikut aktif dalam percakapan sehari-hari.  Peserta juga diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk berlatih baik dalam bentuk penyampaian lisan sehari-hari hingga dalam bentuk presentasi makalah di depan publik.  Program ini terdiri dari 6 tingkatan dan menggunakan buku yang telah didesain oleh bagian Kurikulum dan Materi LBPP LIA Pusat. Setiap tingkat ditempuh dalam waktu 3 bulan. Dan biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 750.000,- (per 3 bulan)

  1. Bussines English Plus

Program ini bertujuan mempersiapkan peserta khususnya karyawan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris (Listening, Speaking, Reading, Writing) dalam dunia kerja dan mempersiapkan peserta untuk tes-tes berstandar Internasional seperti TOEIC dan BULATS.  Program ini terdiri dari 5 level. Setiap level ditempuh selama 5 bulan dengan waktu belajar 64 jam per level. Biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 850.000,- per 3 bulan.

  1. TOEFL Preparation Program

Program ini dirancang untuk melatih teknik dan strategi peserta dalam mengerjakan soal-soal TOEFL dan meningkatkan nilai TOEFL, terutama bagi mereka yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi atau akan berangkat ke luar negri.  Program ini menggunakan buku TOEFL 1 sampai dengan 4  hasil pengembangan dari bagian Kurikulum dan Materi LBPP LIA Pusat. Program ini memiliki 4 tingkat. Setiap tingkat ditempuh selama 3 bulan dengan interval belajar 44 jam per tingkat (3 bulan).

  1. English Proficiency Test (EPT)

Program ini adalah program test untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki seseorang.  EPT yang diselenggarakan oleh LBPP LIA telah diakui dan mendapat hak paten dari Dirjen Hak dan Kekayaan Intelektual sejak tanggal 30 Oktober 2003.

 

E. SARANA, PRASARANA, DAN MEDIA BELAJAR

1. Fasilitas Gedung

Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP) LIA Bandar mempunyai 2 (dua) lokasi tempat proses pembelajaran yaitu di Jalan Kartini No.40 Bandar Lampung dan jalan Z.A. Pagaralam No. 53   Bandar Lampung.

Lokasi Di jalan Kartini terdiri dari  3 gedung; gedung utama (Gedung A), Gedung B, dan Gedung C berdiri diatas tanah seluas 6000 m². Gedung dan tanah milik Yayasan pendidikan Hameem. Dari ketiga gedung tersebut terbagi menjadi 27 ruang kelas, 1 perpustakaan, 2 ruang mushola, ruang pimpinan, ruang guru, ruang supervisor, ruang administrasi, ruang genset, gudang, dan dapur. Fasilitas yang ada didekat gedung adalah kafe dan warnet.

Sedangkan yang berlokasi di jalan Z.A. Pagaralam terdiri dari ruang kelas, ruang kelas, ruang guru, ruang administrasi, ruang dapur, kamar mandi, dan Mushalla.

2. Sarana  dan Prasarana Belajar

Untuk menunjang kelancaran kegiatan lembaga dalam menjalankan kegiatan rutinitas dapat kami terangkan secara spesifik/khusus peralatan yang digunakan dalam menunjang kegiatan diantaranya :

  1. Ruang kelas
  2. Ruang Perpustakaan
  3. Komputer
  4. TV
  5. DVD & Tape
  6. Proyektor & OHP

F. SPECIAL OFFERING

 

         Selain sebagai tempat belajar bahasa Inggris, LBPP LIA Bandar Lampung juga memberikan kesempatan kepada siswa-siswanya untuk meningkatkan kemampuan lainnya.   Adapun beberapa kegiatan yang telah dan masih dilakukan adalah :

a. LIA Conversation Club (LCC)

b.LIA Traveling Club (LTC)

c. English for Children Performance.

G. CLASS SIZE

 

         Untuk menjaga proses pembelajaran agar tetap berjalan dengan baik dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang di tetapkan, maka LBPP LIA Bandar Lampung membagi pesertanya menjadi 20 peserta kursus perlokal.

H. MANAGING THE COURSE

 

1. Tenaga Pendidik dan Kependidikan

a. Rekruitmen

Sistem rekruitmen Pendidik (Guru) LBPP LIA Bandar Lampung berdasarkan kebutuhan, yang diinformasikan melalui media cetak dalam bentuk iklan dan calon guru mendaftarkan diri dengan menyerahkan persyaratan yang diperlukan.

Dalam penerimaan guru seleksi yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1)      Seleksi administrasi yaitu seleksi kelengkapan administrasi, utamanya pendidikan terakhir minimal Sarjana.

2)      Seleksi Pra-TOEFL yaitu tes kemampuan akademik dengan sistem gugur yang dilakukan secara lokal, kemudian dilanjutkan dengan pembinaan oleh AOO (supervisor)

3)      Seleksi EPT (English Proficiency Test) yaitu tes kemampuan akademik yang dilakukan oleh Tim Pusdiklat dari LBPP LIA Pusat Jakarta.

4)      Mengarang

5)      Wawancara

6)      Presentasi

7)      Pelatihan TELF  selama 7 minggu @ 6 hari, setiap hari selama 4 jam, oleh Tim Pusdiklat LBPP LIA Pusat Jakarta

8)      Observasi kelas selama 1 (satu) bulan

9)      Praktek mengajar selama 1 (satu) minggu

Sebelum dimulai pelatihan, calon guru tersebut melaksanakan Perjanjian Pelatihan Calon Guru (kontrak kerja) dengan Kepala LBPP LIA Bandar Lampung.

Sistem rekruitment Tenaga Kependidikan (karyawan non-guru) Bandar Lampung juga berdasarkan kebutuhan,  tetapi prosesnya tidak sepanjang proses rekrutmen Guru.  Dimulai dengan adanya kebutuhan, lalu pemasangan iklan di surat kabar dan pamflet yang ditempelkan di tempat strategis, tes tertulis, dan wawancara.  Terakhir adalah tes psikologi untuk mengetahui emotional dan spiritual intelligent serta kemampuan intelektual calon pelamar yang kita kehendaki.

b. Pembinaan

Proses pembinan pendidik (guru) di LBPP LIA Bandar Lampung secara terus menerus.  Pembinaan ini baik lokal yakni dibina sendiri oleh AOO (supervisor) maupun dari LBPP LIA Pusat.  Semua guru wajib memenuhi profil guru FIESTA yaitu ; Fun and Friendly, Interactive, Explorative, Sistematic, Technology Savvy dan Autonomous.  Agar kretiria ini terpenuhi, LBPP LIA Bandar Lampung mengadakan program pembinaan, yaitu :

  1. TEFL Training

Program ini adalah program pelatihan dasar bagi calon guru yang telah berhasil melalui tahapan-tahapan test menjadi calon guru. Program ini berlangsung selama 7 minggu (336 jam) yang meliputi pelajaran teori, observasi dan praktek.  Instruktur pelatihan ini semua dari LBPP LIA Pusat jakarta.

  1. TEFL C

Program ini adalah program calon guru khusus kelas SD.  Mereka yang telah mengikuti pelatihan ini akan mendapat sertifikat mengajar di kelas English for Children (EC).

  1. Sharing Program

Sharing program adalah program pertemuan antar guru dimana pada pertemuan ini para guru akan menampilkan teknik-teknik pengajaran baru untuk didiskusikan bersama-sama.  Pada kesempatan ini juga para guru akan saling bertukar pengalaman tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapinya di kelas masing-masing dan bagaimana solusi mengatasinya. Program ini dilakukan  3 kali dalam setiap triwulan.

  1. Bridging Course

Program ini merupakan program pelatihan yang diberikan kepada para guru yang akan mulai mengajar pada tingkatan yang lebih tinggi.  Disamping itu juga pelatihan mengajar pada program baru, pelatihan ini dilaksanakan bisa di Jakarta atau di Bandar Lampung dengan instruktur dari LBPP LIA Pusat.

  1. English Proficiency Test (EPT)

Untuk menjaga kualitas dan kemampuan pendidik (guru) maka LBPP LIA Bandar Lampung secara periodik minimal 1 kali setahun melaksanakan EPT/TOEFL  Prediction, guna mengetahui sejauhmana kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki.  Pelaksana EPT adalah Tim dari Bagian Kendali Mutu LBPP LIA Pusat.

  1. Teaching Quality Questionaire (TQQ)

Program ini adalah bentuk kontrol yang diberikan oleh siswa kepada Pendidik.  Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kepuasan siswa terhadap proses pembelajaran Pendidik/guru di kelas.  Pada pelaksanaannya siswa dapat memberikan komentar apapun terhadap metoda pembelajaran yang diberikan.  Hasil dari TQQ ini dikirim ke LBPP LIA Pusat Jakarta untuk diproses dan diranking secara nasional.  Dari hasil yang ada, maka AOO (supervisor) akan mendiskusikannya dengan guru yang bersangkutan untuk mencari solusinya.  Kegiatan TQQ ini dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun.

  1. Observasi/Supervisi

Observasi adalah bentuk pembinaan yang dilakukan oleh AOO (supervisor) kepada Pendidik.  Bentuk observasi/supervisi adalah supervisor akan memantau proses pembelajaran di kelas baik secara langsung (masuk ke kelas) maupun tidak langsung (corridor walking).  Kegiatan ini dapat berlangsung secara acak maupun terprogram.  Dalam setiap kegiatan ini, supervisor akan selalu mendiskusikan  program pengajaran dengan guru kelas, mulai dari rencana pengajaran yang tertulis, tekniknya hingga materi-materi tambahan yang digunakan.

  1. Seminar/Pelatihan

Semua pendidik/guru di LBPP LIA Bandar Lampung selalu di dorong untuk mengikut seminar, workshop yang ada, baik yang diselenggarakan oleh LBPP LIA Pusat Jakarta maupun yang bersifat lokal, dan nasional.  Untuk hasil yang didapat oleh guru yang telah dikirim mengikuti seminar atau workshop, maka akan dilaksanakan program Diseminasi, yaitu guru  yang dikirim mengikuti seminar akan mempresentasikan hasil seminar di depan guru yang lain.

Sedangkan pembinaan untuk tenaga kependidikan (karyawan non-guru) dilakukan melalui rapat konsolidasi dan evaluasi.  Disamping itu juga melakukan In service training, instruktur dari LBPP LIA Pusat maupun dari luar. Disamping itu karyawan diikutkan untuk mengikuti pelatihan atau seminar yang membahas tentang sesuatu yang berkaitan dengan tugasnya sehari-hari.

c. Tugas dan Kewajiban

Setiap karyawan mempunyai tugas dan tanggungjawabnya masing-masing sesuai dengan job discription.  Untuk mengatur hubungan kerja antara LBPP LIA Bandar Lampung dengan karyawan sehingga terjalin hubungan dan suasana kerja yang baik dalam rangka mencapai tujuan LBPP LIS Bandar Lampung, yaitu menciptakan hubungan kerja yang harmonis, serasi, tenteram, dinamis, ketenangan kerja dan kelangsungan usaha disamping uraian tugas yang ada untuk kepastian hak dan kewajiban masing-masing karyawan,  LBPP LIA Bandar Lampung mempunyai Peraturan Karyawan dan Syarat-syarat Kerja (PKSK)

d. Sistem Penggajian

Imbalan yang diterima oleh  karyawan adalah berupa gaji pokok ditambah dengan tunjangan transport dan tunjangan uang makan,  khusus untuk guru ditambah dengan Imbalan Khusus Mengajar.   Sedangkan bagi mereka yang mempunyai jabatan struktural mendapatkan Tunjangan Jabatan.  Pembayaran gaji dilaksanakan setiap bulan tanggal 28 dan pembayaran melalui transfer rekening masing-masing karyawan.

e. Kesejahteraan

Disamping tugas dan kewajibannya, karyawan mendapatkan hak-haknya sesuai dengan jabatan dan statusnya berdasarkan peraturan selain gaji, berupa :

  1. Asuransi Kecelakaan
  2. Jamsostek (Jaminan Pelayan Kesehatan, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian)
  3. Bonus Akhir Tahun
  4. Tunjangan Hari Raya
  5. Keringan Biaya Kursus untuk keluarga
  6. Pakaian Seragam (khusus untuk karyawan tertentu)
  7. Penghargaan bagi karyawan yang telah mengabdi lebih dari 15 tahun
  8. Insentif  sebagai Juri, Proctor, dan lain-lain  (khusus untuk guru)
  9. Dana Sosial untuk karyawan yang mengalami musibah (keluarga meninggal atau sakit) juga untuk karyawan yang sedang bergembira (Pernikahan karyawan)
  10. Koperasi karyawan

2. Peserta Didik

Siswa yang ingin belajar di suatu lembaga/institusi tentu mempertimbangkan track record lembaga/institusi tersebut, disamping itu informasi yang ada pada dirinya.  Informasi ini bisa di dapat dari lingkungannya, yaitu keluarga, teman, dan media lain.   Dalam upaya menarik minat calon siswa tentu dilakukan berbagai cara yang halal.

Begitu juga LBPP LIA  Bandar Lampung melalukan rekruitmen siswa baru dengan berbagai cara :

  1. Iklan Surat kabar
  2. Brosur
  3. Spanduk
  4. Leaflet
  5. Mengadakan presentasi di Sekolah

3. Evaluasi, Sertifikasi, dan Kompetensi Lulusan

LBPP LIA Bandar Lampung sudah memberikan sertifkasi kepada siswanya dengan menyelenggarakan ujian yang bersifat lokal untuk setiap jenjang atau tingkatan akhir pada masing-masing program.  Ujian (Promotion Test) dilaksanakan pada akhir masa belajar setiap tingkat pada semua jenjang.  Pada setiap akhir jenjang maka masing-masing siswa yang telah dinyatakan lulus mendapat sertifikat kelulusan yang dikeluarkan oleh LBPP LIA.

Adapun jenis-jenis Ujian yang dilakukan

  1. Written Test

Written Test adalah tes tertulis dimana pada tes ini yang diujikan adalah kemampuan mendengar, membaca dan tata bahasa.  Tes ini diujikan pada semua program.

  1. Oral Test

Oral Test adalah tes lisan dimana siswa akan diuji secara lisan oleh guru penguji untuk mengetahui kemampuan lisan siswa sesuai dengan tingkatannya.  Dalam pelaksanaannya ujian lisan setiap kelas akan dibagi menjadi 2 kelompok yang akan mengikuti ujian dengan hari berbeda.  Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu yang lebih banyak kepada penguji dalam pelaksanaan ujian tersebut.  Waktu yang diberikan untuk ujian lisan berkisar 10 menit untuk setiap orang.  Tes ini dilakukan untuk semua program.

  1. Presentasi

Presentasi adalah bentuk ujian menulis dan lisan yang diwajibkan kepada siswa di akhir program jenjang High Intermediate yakni siswa Hing Intermediate IV.  Sebelum siswa melaksanakan presentasi di depan tim penguji,  siswa diwajibkan menulis sebuah karangan ilmiah membahas topik-topik hangat yang sedang terjad.  Pada proses ini siswa diwajibkan mengadakan konsultasi dengan guru pembimbing dari mulai proses penetapan judul hingga penulisan.  Setelah selesai karya tulis tersebut harus mendapatkan pengesahan dari guru kelas dan supervisor untuk kemudian dipresentasikan di depan tim penguji, yang terdiri dari 4 orang guru senior.

4. Pembiayaan

a. Pendapatan

Sumber dana LBPP LIA  Bandar Lampung  pada saat persiapan sampai akan dimulainya penerimaan siswa baru pada tahap awal berdiri didanai 100 % oleh pemilik yayasan.   Dan setelah berjalannya proses pembelajaran awal sampai saat ini dibiayai sendiri oleh lembaga.  Adapun sumber pendapatan lembaga adalah sebagai berikut :

1)      Biaya pendaftaran dan tes masuk

2)      Biaya kursus

3)      Penggantian kartu siswa

4)      Tes Susulan

5)      Penundaan kursus siswa

6)      Denda karena keterlampatan pembiayaan

7)      Test EPT

b. Pengeluaran

Untuk melaksanakan program dan kegiatan sehari-hari tentu memerlukan biaya.  Adapun biaya yang harus dikeluarkan oleh lembaga adalah sebagai berikut :

1)      Biaya gaji dan tunjangan

2)      Biaya operasional kantor

3)      Biaya promosi

4)      Biaya perbaikan dan pemeliharaan gedung dan fasilitas kantor

5)      Biaya perbaikan dan pemeliharaan fasilitas belajar

6)      Biaya Asuransi Jiwa dan Kesehatan

7)      Biaya pelatihan untuk karyawan

8)      Biaya hubungan masyarakat

9)      Biaya-biaya untuk penambahan fasilitas,

c. Pembukuan

Untuk penerimaan semua pendapatan dibuatkan system pembukuan keuangan dengan system komputerisasi.  Untuk keamanan, semua penerimaan pendapatan tersebut disetor ke bank setiap hari kerja.  Sedangkan untuk pengeluaran untuk kepentingan operasional  semua dilakukan melalui cek pengeluaran yang didukung oleh bukti pengeluaran.   Sedangkan untuk pembelian dan keperluan  sehari-hari dan nilainya tidak lebih dari Rp. 100.000,- maka pengeluaran ini melalui petty cash dan harus didukung dengan bukti pembelian.

Dalam hal pengelolaan administrasi keuangan, semua itu terlihat pada buku kas, buku penerimaan kursus, buku bank, dan buku besar yang pada akhirnya dirangkum menjadi suatu bentuk laporan yaitu berupa laporan bulanan, triwulan, dan tahunan.

I. TOTAL OF ENGLISH LEARNING

 

Dari awal berdiri sampai saat ini jumlah siswa mengalami kenaikan dan penurunan.  Dari data di bawah terlihat bahwa pada term tertenu naik dan term lain mengalami penurunan.

Adapun perkembangan jumlah siswa  selama 2 tahun terakhir adalah sebagai berikut :

Tahun

2010

2011

Masa Belajar

Term 1 2237 2244 Januari  –   Maret
Term 2 2024 2037 April     –   Juni
Term 3 2475 Juli        –   September
Term 4 2309 Oktober –  Desember

 

J. MARKETING SYSTEM

 

Ada banyak cara yang ditempuh oleh LBPP LIA Bandar Lampung dalam memasarkan produk yang ditawarkannya, antara lain sebagai berikut:

  1. Website: http://lia.ac.id/lbpp/
  2. Iklan Surat kabar
  3. Brosur
  4. Spanduk
  5. Leaflet
  6. Mengadakan presentasi di Sekolah

K. ENGLISH COURSE ACHIEVEMENT

 

Sejak awal berdirinya sampai sekarang, LBPP LIA Bandar Lampung telah meraih banyak prestasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Terakreditasi oleh badan akreditasi nasional pendidikan non formal
  2. Juara Nasional Lembaga Kursus 2007 dari mendiknas
  3. Tempat uji kompetensi Bahasa Inggris di Lampung
  4. Pada Tahun 2008 LBPP LIA Kartini, Bandar Lampung mendapat Peringkat III Lomba Kursus & Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2008 untuk Rumpun Bahasa
About these ads

2 comments on “LIA Bandar Lampung (Observation Result)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s